Mobil Sport Lamborghini Aventador

Mobil Sport Lamborghini Aventador


Hasil gambar untuk Mobil Sport Lamborghini Aventador


Kelebihan:
  • Supercar mewah dan canggih
  • Desain futuristik dengan bahan serat karbon
  • Atap bisa dibuka dan ada pintu gunting
  • Beratnya ringan
  • Performa mesin sangat tangguh dan menjadi salah satu supercar tercepat saat ini
  • Bertabur fitur canggih
  • Interior mewah dan nyaman
Kekurangan:
  • Harga sangat mahal
  • Perawatan mahal
  • Boros BBM

Overview Lamborghini Aventador

Lamborghini Aventador merupakan mobil sport mewah mahakarya pabrikan mobil Italia Automobili Lamorghini S.p.A. Tampilannya yang futuristik membuat Lamborghini Aventador ini banyak diminati oleh kalangan berduit. Supercar ini mendapatkan sentuhan tangan yang diproduksi langsung dari Sant Agata Bolognese dengan desain futuristik memanjang dan performa mesin ganas. Sejak pertama kali diumumkan di ajang Geneva Motor Show 2011, penampilan Lamborghini Aventador dengan pintu guntingnya berhasil memikat para penggemar mobil-mobil mewah di dunia. Desainnya yang futuristik terinspirasi dari pesawat tempur siluman Angkatan Udara AS F-117A Nighthawk dan F-22 Raptor yang aerodinamis dan membelah udara secepat kilat. Sementara nama Aventador diambil dari nama seekor banteng yang paling buas dan brutal di sejarah Spanish Bull Fighting. Lamborghini Aventador begitu memikat dengan desain futuristik dan pintu guntingnya, mesin V12 hand-made, cover mesin transparan, teknologi serat carbon dan kecanggihan lainnya yang menobatkannya sebagai salah satu supercar terbaik di dunia.
Di Indonesia, Lambhorgini Aventador mencatatkan jejaknya melalui seri Lambhorgini Aventador LP 700-4 yang meluncur pada 2013 lalu. Aventador ini disebutkan sebagai penerus Lambo Murcielago yang terinspirasi dari kendaraan futuristik yang mengandalkan performa dan teknologi canggih. Berbekal teknologi terkini mulai monocoque inovatif dari bahan carbon-fiber yang mampu memadukan lightweight engineering dengan tingkat keamanan dan kekuatan tinggi. Aventador berbekal sasis ringan dengan suspensi pushrod terinspirasi dari balap Formula 1 yang mampu menghasilkan handling yang buas.
Mobil eksotik Lambhorgini Aventador LP 700-4 disebutkan menggendong mesin 6.5 liter V12 yang mampu memuntahkan tenaga maksimal 700 dk dan torsi puncaknya menyentuh 690 Nm. Kecepatan akselerasi Lambhorgini Aventador LP 700-4 sangat mengagumkan, mobil ini mampu mencapai akselerasi 0-100 km/jam hanya dalam waktu 2.9 detik saja. Nahkan generasi terbarunya Lamborghini Aventador SVJ mampu mencatatkan sebagai mobil tercepat di Monterey Car Week di Calofornia dan mampu mengalahkan Porsche 911 GT2 RS sebagai mobil tercepat.
Sementara itu, Lamborghini Aventador S Roadster meluncur di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 lalu. Hanya diboyong satu unit dari negara asalnya, Italia, Lamborghini Aventador S Roadster merupakan salah satu tipe terbaru diantara seri Aventador lainnya. Generasi anyar Lamborghini Aventador sendiri telah diperkenalkan di ajang Frankfurt Motor Show 2017 dan mulai dikirimkan ke pelangan sejak Februari 2018 lalu. Lamborghini Aventador S Roadster ini mengandalkan mesin V12 berkubikasi 6,5 liter yang mampu menghasilkan tenaga 740 HP. Akselerasinya dari posisi diam ke kecepatan 100 km/jam bisa didapatkan dalm waktu 3 detik saja. Top speednya bisa menyentuh 350 km/jam.
Harga Lamborghini Aventador S Roadster tidaklah murah. Supercar mewah ini dibanderol dengan harga Rp20 Miliar di Indonesia On The Road (OTR) DKI Jakarta. Harganya sangat mahal yang setara dengan sektar 20 unit Mitsubishi Xpander. Lamborghini Aventador seri lainnya juga memiliki harga fantastis, seperti Lambhorghini Aventador LP 700-4 yang pertama ditawarkan dengan harga Rp8 Miliar saat pertama mendarat di Indonesia.

Fitur Lamborghini Aventador

Lamborghini Aventador merupakan salah satu supercar mewah dan terkencang di dunia saat ini. Sejak pertama meluncur di ajang Geneva Motor Show 2011, Lambhorgini Aventador telah memiliki beberapa varian yang meluncur di pasaran hingga saat ini. Seri Lamborghini Aventador SVJ Roadster menjadi yang terbaru setelah memperlihatkan dirinya di ajang Geneva Motor Show 2019 yang digelar belum lama ini. Kehadirannya melengkapi varian Aventador lainnya yang telah meluncur di pasaran. Dengan demikian supercar mewah Lamborghini ini memiliki empat varian, yakni Lambhorghini Aventador S, Lamborghini S Roadster, Lamborghini Aventador SVJ, dan yang terbaru Lamborghini SVJ Roadster.
Semua varian Lamborghini Aventador ini menggunakan mesin V12, 60 derajat dengan sistem MPI atau Multi Point Injection. Kendati demikian masing-masing varian menghasilkan kekuatan dan torsi yang berbeda. Seperti Lamborghini Aventador S dan Lamborghini S Roadster, keduanya bermesin V12 berkapasitas 6.5 liter yang mampu menghasilkan tenaga maksimun 544 kW pada putaran mesin 8,400 rpm dan torsi puncaknya mencapai 690 Nm pada putaran 5,500 rpm. Sedangkan Lamborghini SVJ dan Lamborghini SVJ Roadster dengan mesin V12 berkapasitas 6.5 liternya mampu menyemburkan energi maksimun 566 kW pada putaran mesin 8,800 rpm dan torsi maksimunnya mencapai 720 Nm pada putaran mesin 6,750 rpm.
Lamborghini Aventador menggunakan sistem transmisi Independent Shifting Rods (ISR) gearbox dengan 7-percepatan. Sistem transmisi electronically controlled all-wheel drive system ini mampu menyalurkan tenaga semakin maksimal dan meningkatkan kecepatan mobil bertampang buas ini. Jika seri Lamborghini lainnya menggunakan sistem penggerak roda depan Front Wheel Drive (FWD), maka Lamborghini Aventador telah menggunakan sistem penggerak All Wheel Drive (AWD). Tidak heran akselerasi Lamborghini Aventador sangat luar biasa. Dari jarak diam hingga mencapai 100 km/jam, Aventador S menempuhnya dalam waktu 2,9 detik saja dan kecepatan tertingginya mencapai 350 km/jam. Demikian halnya Aventador S Roadster yang memiliki akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 3 detik dan top speed 350 km/jam. Di sisi lain Aventador SVJ memiliki akselerasi lebih cepat 0-100 km/jam dalam waktu 2.9 detik dan kecepatan puncak 350 km/jam. Adapun seri Aventador SVJ Roadster memiliki akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 2,8 detik saja dan top speed menyentuh 351 km/jam.
Seri terbarunya Lamborghini Aventador SVJ Roadster menggunakan sistem Driving Dynamics yang memadukan mahakarya teknologi dan inovasi terbaru saat ini dengan menggabungkan semua teknologi terbaik Lamborghini. Supercar premium ini dikendalikan sistem berkendara All Four Wheel melalui teknologi Lamorghini Dynamics Steering (LDS) dan Lamborghini Rear-wheel Steering (LRS) yang menyalurkan torsi aktof ke roda depan dan belakang (4WD) dan teknologi aero torque vectoring. Selain itu sistem berkendara dinamisnya juga dikendalikan melalui Lamborghini Magneto-rheological Suspension (LMS) dan aerodinamika aktif. Berbekal teknologi LDVA 2.0, kendaraan sport mewah ini menggunakan semua sensor untuk menghasilkan performa berkendara terbaik. Lambhorghini Aventador SVJ Roadster memiliki fitur pengendalian Electronic Stability Control yang terintegrasi dengan pengereman ABS yang disesuaikan dengan mode berkendara. Suspensi depannya menggunakan tipe push rod magneto rheologi active dan suspensi belakang horizontal dampers & springs. Serta suspensi geometri aluminium doble wishbone.
Lamborghini Aventador melegenda sebagai mobil sport mewah teraman di dunia. Beberapa insiden yang terjadi menyebutkan Lamborghini dipacu dengan keceparan maksimal dan mengalami tubrukan, sementara penumpang di dalamnya tetap aman. Hal ini tidak lepas dari rangka dan sasis Lamborgini yang aman dan kokoh, sehingga mampu menerima hantaman berat dari bagian depan da belakang. Sementara, penumpang di dalamnya tetap aman. Perlu diketahui body dan sasis Lamborghini Aventador SVJ Roadster terbuat dari carbon fiber monocoque dengan material aluminium di bagian depan dan juga bagian belakang. Selain itu fitur-fitur safety aktof lainnya seperti pengereman ABS atau Anti lock Braking System, Stability Control, Airbags depan, dan seatbelt pretensioner juga mampu memaksimalkan fitur keselamatan mobil ini. Pengeremannya juga didukung power vacuum, aluminoum alloy calipers, terdiri dari 6 silinder caliper depan dan 4 silinder caliper belakang dan komponen cakram yang dilengkapi carbo ceramic-disc.

Kompetitor Lamborghini Aventador

Lamborghini Aventador hadir di segmen mobil sport mewah dengan harga milyaran Rupiah. Bahkan supercar ini emnjadi salah satu supercr terpopuler yang mengaspal di jalan raya sejak pertama meluncur pada 2011 hingga saat ini. Supercar mewah ini juga memiliki pesaing sesama supercar mewah lainnya seperti Audi R8, Bugatti Chiron, Ferarri 458, Ford GT, McLare 675LT, Pagani Huayra dan beberapa supercar lainnya. Namun pesaing sejati Lamborghini Aventador adalah Ferrari F12 Berlinetta yang sama -sama menggunakan mesin V12 engine
Ferarri F12 Berlinetta menggunakan mesin V12 DOHC yang mampu menghasilkan tenaga 769 dk dan torsinya menyentuh 705 Nm. Sedangkan La,borghini Aventador juga sama-sama menggunakan mesin V12 DOHC. Namun supercar Lamborghini ini mampu menghantarkan tenaga 740 dk dan torsi 690 Nm. Meski di atas kertas, Ferarri F12 lebih unggul namun di ajang balapan Lamborghini Aventador memiliki kecepatan 248,35 km/jam, sedangkan Ferari F12 berkecepatan 248.014 km/jam.

Eksterior Lamborghini Aventador

Lamborghini Aventador SVJ Roadster menjadi seri terbaru Aventador yang diumumkan di ajang Geneva Motor Show 2019. Seolah tidak ada tandingannya, Aventador SVJ Roadster ini hanya diproduksi 800 units saja di dunia. Berbekal penampilan futuristik dan aerodinamis dengan mesin canggih dengan sentuhan tangan para ahli terbaik dan cita rasa Italia yang kental. Eksteriornya terlihat canggih, agresif, ringan, dan aerodinamis. SVJ Roadster tampil cantik, buas, sekaligus bertenaga. Bodinya dibangun dengan material super ringan seperti bahan serat karbon yang digunakan di sekujur tubuhnya dan bagian atap yang bisa dilipat. Bodinya memiliki air intake yang lebih besar dari model sebelumnya dan side skirt yang lebih panjang, juga desain lebih aerodinamis, dan juga sistem pembuangan ringan dan dipasang lebih tinggi.
Bagian atap Lamborghini Aventador SVJ Roadster ini terdiri dari dua panel yang terbuat dari serat karbon dengan erat masing-maisng 6 kh. Untuk memasang dan melepas panel atap ini dilakukan secara manual dan disimpan di bagasi depan. SVJ Roadster ini memiliki model convertible dengan tenaga buas dan sisi aerodinamis yang mampu menghasilkan performa yang baik. Model Aventador SVJ Roadster ini mengandalkan sistem aerodinamis aktif melalui splitter depan dan sayap belakang yang bisa diatunt untuk menyeimbangkan traksi dan meningkatkan daya tekan ke bawah. Selain itu eksterior aerodinamis aktif ini juga sesuai dengan sistem kontrol di roda belakang, pengereman carbon ceramics, dan suspensi magnetik anti roll bar yang lebih rigid 50 persen. Salah satu ciri khas Lamborgini Aventador dalah pintu gunting yang bisa dibuka ke atas. Dimensinya berukuran panjang 4943 mm, lebar2273 mm, dan tingginya 1136 mm.Adapun jarak wheelbase mencapai 2700 mm dan berat kosong mencapai 1575 kg.

Interior Lamborghini Aventador

Lamborghini Aventador memiliki interior mewah dan sarat dengan fitur canggih. Seperti halnya eksteriornya, interior Aventador SVJ Roadster juga menggunakan bahan serat karbon yang ringan. Hal ini terlihat pada bagian monocoque, juga bagian cockpit dan bagian pintunya. Bahan serat karbon ringan ini juga didapati pada bagian kursi, konsol tengah dan tunnel yang dipadukan denagn desain aerodinamis yang elegan. Bagian kursinya dilapisi bahan kulit Alcantara yang terlihat berani dan mewah, terliht juga logo SVJ di bagian jok mobil ini.
Demikian juga bagian detail cross stiching yang detail dan rapi. Juga hadirnya pelat internal Aventador SVJ Roadster yang terlihat unik dan sekaligus menawan. Bagian roda kemudinya bertipekan hidrolis yang dilengkapi dengan power steering yang nyaman digunakan. Sementara itu fitur infotainment dan navigasi bersifat opsional karena mobil ini mengandalkan performa dan kecepatan. Namun terdapat paker standar seperti Apple CarPlay, fitur perintah suara, dan juga aplikasi entertainment terkini. Terdapat empat mode berkendara pada Aventador SVJ Roadster ini, yakni Strada, Sport, Corsa, dan Ego yang bisa dipilih sesuai pilihan.

Pilihan Warna Lamborghini Aventador

Lamborghini Aventador memiliki pilihan warna menarik yang bisa di-custom, yakni warna Matt dan Glossy. Untuk warna Matt, diantaranya Bero Nemesis, Marrone Apus, Grigio Titans, Grigio Adamas, Bianco canopus, dan Giallo Horus. Sedangkan warna Glossy yang ditawarkan, Nero Aldebaran, Bianco Isi, Giallo Spica, Giallo Evros, Verde Scandal, dan Blu Clauco. Selain ITU Lamborghini Aventador juga tersedia dalam pilihan warna Metallic dan warna Pearl yang bisa di-kustom.

Komentar